scm

SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (SCM)

SCM diakui sebagai strategi kompetitif dalam sebuah industri maupunorganisasi. Organisasi terus berusaha untuk menyediakan produk dan layanan kepadapelanggan yang lebih cepat, murah, dan lebih baik daripada pesaing. Dalam mencapaikesuksesan, mereka harus bekerja atas dasar kerja sama dengan organisasi-organisasiyang berkaitan dengan penyediaan rantai agar dapat berhasil.

Keuntungan dari menerapkan SCM adalah:

  • Mengurangi inventori barang.Inventori merupakan aset perusahaan yang berkisar antara 30%-40% sedangkanbiaya penyimpanan barang berkisar 20%-40% dari nilai barang yang disimpan.
  • Menjamin kelancaran arus barang.Rangkaian perjalanan dari bahan baku sampai menjadi barang jadi dan diterimaoleh pemakai/pelanggan merupakan suatu mata rantai yang panjang (chain) yangperlu dikelola dengan baik.
  • Menjamin mutu.Jaminan mutu juga merupakan serangkaian mata rantai panjang yang harusdikelola dengan baik karena mutu barang jadi ditentukan tidak hanya oleh prosesproduksi tetapi juga oleh mutu bahan mentahnya dan mutu keamanan dalampengirimannya.