CSMS

CSMS adalah suatu Sistem Manajemen K3 yang diterapkan kepada kontraktor, meliputi beberapa elemen K3 yang sesuai dengan standar yang diacu (ISRS, ANSI, OHSAS, dll). CSMS sebagai bahan pertimbangan awal oleh perusahaan main contractor untuk menilai kinerja Kontraktor yang akan diterimanya .

(Contractor Safety Management System): Secara langsung maupun tidak langsung seluruh aktifitas Industri , Jasa, Konstruksi dan Pertambangan menghasilkan dampak terhadap Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan, oleh karena itu  dibutuhkanlah  Sistem Manajemen Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lindung Lingkungan  (K3LL) untuk menurunkan resiko dampak tersebut

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa perusahaan besar terutama OIL dan GAS mewajibkan semua mitranya minimal harus mengimplementasikan sistem K3LL serta untuk bisa mengikuti tender syarat utamanya perusahaan wajib memiliki dokumen K3LL/ CSMS. Dokumen CSMS merupakan dokumen inti yang ada dalam sistem HSE ( OHSAS 18001 dan ISO 14001 ) yang biasanya dalam dokumen CSMS/K3LL itu berisi beberapa pertanyaan yang harus di jawab dan disediakan dokumennya oleh perusahaan.

Adapun Manfaat yang dapat diperoleh dengan pembuatan dokumen CSMS ini adalah :

  • Meningkatkan keefektifan sistem pengelolaan perusahaan yang sudah ada dalam bidang HSE
  • Membuat sistem pengukuran kinerja HSE dengan lebih jelas
  • Standarisasi kegiatan HSE dalam setiap aktifitas Perusahaan di Lingkungan Perusahaan
  • Administrasi untuk tender
  • Manfaat internal tentu saja membuat kerja seluruh unit Perusahaan menjadi lebih baik dan tersistem
  • Memperlihatkan kepada seluruh pihak terkait keseriusan komitmen perusahaan dalam menerapkan HSE
  • Penerapan HSE plan yang baik akan menjamin bahwa setiap tindakan perbaikan telah diterapkan untuk setiap ketidaksesuaian/kekurangan yang terjadi dalam penerapan HSE.